Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Kata-Kata Sedih Dalam Bahasa Arab dan Artinya [+Gambar]

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindugan Allah -ta'ala-. Senang dan sedih adalah dua hal yang berlawanan namun serasi, seperti hitam dan putih. Keduanya lekat seperti dua sisi mata uang, datang silih berganti seperti roda yang terus berputar. 

Bersedih dan merasakan duka bukanlah sebuah dosa. Yang salah adalah saat seseorang menenggelamkan diri dalam kesedihan dan larut dalam luka, hingga lupa bahwa ini merupakan takdir dan ujian dari Allah Sang Maha Pencipta. Asalkan ikhlas, insya Allah lara akan menjadi sebaik-baik penebus dosa. 

Kesedihan sifatnya tidaklah mutlak, tidak permanen. Ia layaknya pakaian kotor yang setelah dicuci bisa bersih kembali. Seperti gelap betapa cepatnya ia disusul terang.

Berbicara tentang kesedihan, di sini saya memiliki beberapa kata-kata ungkapan kesedihan yang diambil dari situs berbahasa Arab, yaitu Mawdoo3. Dari sekian banyak kalimat dan ungkapan, dipilih yang menurut saya bagus dan memiliki makna yang indah dan mendalam. Langsung saja, selamat membaca dan belajar.
kata kata bahasa arab sedih

1#
تَـمَادَيْنَا فِي الأَحْلَامِ ... فَحَوَّلْنَاهَا إِلَى أَوْهَامٍ
Kita telah terlena di alam mimpi… Lalu kita mengubahnya menjadi angan-angan palsu.

2#
يَـمُرُّ القِطَارُ تِلْوَ القِطَارِ وَلَا أَرْكَبُ ، لَيْسَ لِعَيْبٍ فِي القِطَارَاتِ الَّتِي تَـمُرُّ ، وَلَكِنَّ حَقَائِبَ جِرَاحَاتِي أَثْقَلُ مِنْ أَنْ تَـحْمِلَهَا تِلْكَ القِطَارَاتِ
Kereta berlalu satu demi persatu dan aku tidak menaikinya. Bukan karena aib pada kereta yang lewat, tapi koper luka-lukaku lebih berat sehingga tidak mampu diangkut kereta-kereta itu.

3#
الـهُدُوْءُ الَّذِي يُلَازِمُنَا فِي بَعْضِ الأَحْيَانِ هُوَ رِحْلَةٌ قَصِيْرَةٌ ... نَبْحَثُ فِيْهَا عَنْ بَعْضِ الـحُلُوْلِ لِمَوَاجِعِنَا أَوْ رُبَّـمَا صَدَمَاتِنَا مِنْ وَاقِعٍ نَعِيْشُهُ
Ketanangan yang menyertai kita di sebagian waktu merupakan perjalanan singkat… Di sana kita mencari beberapa solusi dari rasa sakit, atau bahkan hantaman-hantaman (masalah) dari kenyataan yang kita jalani.

4#
آخِرُ اللَّيْلِ : يَهْدَأُ الـمَكَانُ ، يَعُوْدُ الكُلُّ لِمَأْوَاهُمْ ، البَعْضُ يُغْمِضَ عَيْنَيْهِ فَيَنَامُ ، وَالآخَرُ يَـمُوْتُ شَوْقًا لِأَيَّامٍ لَنْ تَعُوْدَ
Di penghujung malam: tempat menjadi sunyi, semua telah kembali ke pembaringannya, sebagian menutup kedua matanya lalu tidur, dan lainya sekarat karena kerinduannya akan hari-hari yang tidak akan kembali.

5#
لَا أَحَدَ يَفْهَمُ مَعْنَى الوَدَاعِ ، إِلَّا مَنْ جَرَّبَ كَلِمَةً عَظَّمَ اللهُ أَجْرَكَ
Tidak seorang pun dapat memahami arti perpisahan, kecuali orang yang pernah mendengar suatu kalimat … –yang semoga Allah memperbesar pahalamu-.
kata kata sedih bahasa arab singkat
6#
الـحُزْنُ يُسَبِّبُ ظَلَامًا فِي القَلْبِ أَكْثَرُ مِنْ أَيِّ خَطِيْئَةٍ
Kesedihan menyebabkan kegelapan di dalam hati lebih banyak dari dosa apa pun.

7#
أَغْلَى دُمُوْعٍ فِي العَالَـمِ دُمُوْعُ الأُمِّ ، وَأَصْدَقُهَا دُمُوْعُ الـمَظْلُوْمِ ، وَأَكْثَرُهَا بَرَاءَةً دُمُوْعُ الأَطْفَالِ
Air mata yang paling mahal di dunia adalah air mata ibu, yang paling jujur adalah air mata orang yang terzalimi, dan yang paling suci adalah air mata anak kecil.

8#
أَحْيَاناً يُغْرِقُنَا الـحُزْنُ حَتَّى نَعْتَادَ عَلَيْهِ ، وَنَنْسَى أَنَّ فِي الـحَيَاةِ أَشْيَاءً كَثِيْرَةً يُـمْكِنُ أَنْ تُسْعِدَنَا
Terkadang kesedihan menenggelamkan hingga kita terbiasa dengannya, dan lupa bahwa di dalam kehidupan ini ada banyak hal yang mungkin bisa membahagiakan kita.

9#
إِنَّ الدُّمُوْعَ هِيَ مَطَافِئُ الـحُزْنِ الكَبِيْرِ
Sesungguhnya air mata adalah yang memadamkan kesedihan besar.

10#
لَيْسَ مُـحْزِنًا أَنْ يُصَابَ الإِنْسَانُ بِالعَمَى ، بَلْ مِنَ الـمُحْزِنِ أَنْ لَا يَسْتَطِيْعَ الإِنْسَانُ تَـحَمُّلَ العَمَى
Bukanlah hal menyedihkan di saat orang ditimpa kebutaan, akan tetapi yang menyedihkan adalah di saat orang tidak mampu menanggung kebutaan.
kata kata sedih bahasa arab dan artinya
11#
أَصْدَقُ الـحُزْنِ ، اِبْتِسَامَةٌ فِي عُيُوْنٍ دَامِعَةٍ
Kesedihan yang paling jujur adalah senyuman pada mata yang bercucuran air mata.

12#
الصَّمْتُ الطَّوِيْلُ هُوَ الطَّرِيْقُ لِلحُزْنِ ، لِأَنَّهُ صُوْرَةٌ لِلْمَوْتِ
Diam yang lama merupakan jalan menuju kesedihan, karena ia adalah gambaran kematian.

13#
القَلْبُ الـمَمْلُوْءُ حُزْنًا كَالكَأْسِ الطَّافِحَةِ، يَصْعُبُ حَـمْلُهَا
Hati yang penuh dengan kesedihan ibarat gelas yang penuh, sulit untuk dibawa.

14#
الغَضَبُ وَالدُّمُوْعُ وَالـحُزْنُ هِيَ أَسْلِحَةُ الـمُسْتَسْلِمِيْنَ
Kemarahan, air mata, dan kesedihan adalah senjata orang-orang yang pasrah.

15#
لِلدُّمُوْعِ لُغَةٌ إِنْسَانِيَّةٌ لَا يُـجِيْدُهَا إِلَّا أَصْحَابُ القُلُوْبِ الرَّقِيْقَةِ وَالـمَشَاعِرِ الـمُرْهِفَةِ
Air mata memiliki bahasa humanis yang tidak bisa dikuasai kecuali oleh mereka yang berhati lembut dan berperasaan halus.
gambar kata kata bahasa arab sedih
16#
كَمْ كُنْتُ أُدَاوِي مَنْ كَانَ مَـجْرُوْحًا... وَاليَوْمَ أَدُوْرُ مَنْ يُدَاوِي جُرُوْحِي
Berapa banyak aku mengobati orang yang terluka…
Dan hari ini aku berkeliling untuk mencari orang yang bisa mengobati luka-lukaku…

17#
لِـمَنْ تَشْتَاقُ ... فَتِّشْ فِي قَلْبِكَ ... القُلُوْبُ الَّتِي تَـحِنُّ لِلْبَشَرِ تَئِنُّ ... وَالقُلُوْبُ الَّتِي تَـحِنُّ للهِ تَطْمَئِنُّ
Kepada siapa engkau merindu… periksalah hatimu… hati yang rindu kepada manusia akan merintih… dan hati yang rindu kepada Allah akan tenang…

18#
لَا تَـحْزَنْ إِذَا جَاءَكَ سَهْمٌ قَاتِلٌ مِنْ أَقْرَبِ النَّاسِ إِلَى قَلْبِكَ ... فَسَوْفَ تَـجِدُ مَنْ يَنْزِعُ السَّهْمَ وَيُعِيْدُ لَكَ الـحَيَاةَ وَالاِبْتِسَامَةَ
Jangan bersedih jika panah mematikan justru datang dari orang yang dekat dengan hatimu… Kelak engkau akan menemukan orang yang mencabut anak panah tersebut dan mengembalikan kehidupan dan senyuman kepadamu.

19#
الإِهْـمَالُ مُـمِيْتٌ وَيُـخْبِرُكَ بِصَوْتٍ أَنِيْقٍ ابْتَعِدْ
Diacuhkan itu bisa mematikan, seolah (ia) mengabarimu dengan suara anggun, “Menjauhlah!”.

20#
لِلحُزْنِ أَجْنِحَةٌ يَطِيْرُ بِـهَا مَعَ مُرُوْرِ الزَّمَنِ

Kesedihan memiliki sayap-sayap yang akan membawanya pergi seiring dengan berlalunya waktu.

Baca kata-kata sedih lainnya di 15 Kata-Kata Bahasa Arab Sedih dan Artinya [+Gambar].


Semoga sajian kutipan kata-kata sedih dalam bahasa Arab dan artinya dalam bahasa Indonesia ini bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya. Wa jazaakumullahu khairan.

1 comment for "20 Kata-Kata Sedih Dalam Bahasa Arab dan Artinya [+Gambar]"

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.