Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cerita Bahasa Arab Tentang Kegiatan Sehari-Hari

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah ta'ala. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi cerita tentang aktifitas dan kegiatan sehari-hari, tentunya dalam bahasa Arab dan tak lupa disertakan pula arti dan terjemahannya.

Manusia setiap harinya pasti melakukan banyak hal, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Sebagai makhluk yang normal, tidak mungkin dia diam begitu saja setelah membuka kedua matanya sampai terpejam kembali, kecuali dia memang sedang sakit parah.

to do list

Nah, apa yang akan saya bagikan di bawah ini adalah contoh cerita kiriman dari salah satu alumni Pesantren Islam Al-Irsyad Putri di Tengaran - Salatiga. Dia berbagi kepada pembaca sekalian apa saja yang dia lakukan dalam kesehariannya. Barangkali apa yang dia tulis bisa menjadi referensi bagi pembaca Kamus Mufradat apabila ingin membuat cerita yang semisal dalam bahasa Arab.

Langsung saja, berikut ini contoh cerita bahasa Arab tentang kegiatan sehari-hari dalam bahasa Arab beserta harakat dan terjemahannya. Selamat membaca.

الأَنْشِطَةُ اليَوْمِيَّةُ

Kegiatan Sehari-Hari

يَفْعَلُ الإِنْسَانُ كُلَّ يَوْمٍ الأَنْشِطَةَ الـمُخْتَلِفَةَ مُنْذُ الاسْتِيْقَاظِ مِنَ النَّوْمِ إِلَى أَنْ يَنَامَ مَرَّةً أُخْرَى، وَحَتَّى الْبِطَالَة لَهُ أَعْمَالٌ يَعْمَلُهَا فِي أَيَّامِهِ 

Setiap hari orang melakukan aktifitas yang berbeda-beda, sejak dari bangun tidur hingga tidur kembali, bahkan seorang pengangguran pun memiliki pekerjaan-pekerjaan yang dia lakukan dalam kesehariannya. 

رُبَّـمَا لَا يَعْمَلُ فِيْ مَكَانٍ مَا، مِثْلُ الْإِدَارَةِ أَوْ الشَّرِكَةِ، وَلَكِنَّهُ لَهُ أَنْشِطَةٌ يَوْمِيَّةٌ يُزَاوِلُـهَا فِي الْبَيْتِ. قُدْ يُسَاعِدُ أُمَّهُ، أَوْ يَغْتَسِلُ، أَوْ يَنَامُ، أَوْ غَيْرُ ذَلِكَ

Mungkin ia tidak bekerja di tempat khusus seperti kantor atau pabrik, tetapi ia memiliki kegiatan harian yang selalu ia kerjakan di rumah. Terkadang ia membantu ibunya, atau mandi, atau tidur, dan lain sebagainya.

 لِذَا فَفِيْ هَذِهِ الْفُرْصَةِ، أُرِيْدُ أَنْ أَكْتُبَ لَكُمْ مَا أَعْمَلُهُ فِي يَوْمِيَّتِي

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin menulis untuk kalian apa-apa saja yang aku lakukan dalam keseharianku.

أَسْتَيْقِظُ مِنَ النَّوْمِ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ صَبَاحًا لِأَنِّي أُشْعِلَ الْمُنَبِّهَ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ. أَذْهَبُ إِلَى الـحَمَّامِ لِأَتَسَوَّكَ وَأَتَوَضَّأَ ثُـمَّ أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ

Saya bangun jam 3 pagi karena saya menyalakan alarm pada jam tersebut. Lalu saya beranjak menuju kamar mandi untuk sikat gigi dan berwudhu, kemudian melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat.

بَعْدَ الصّلَاةِ، أبْدَأُ بِـمُرَاجَعَةِ الدُّرُوْسِ الَّتِي قَدْ أَخَذْتُـهَا فِي اللِقَاءِ السَّابِقِ، وَكَذَلِكَ قِرَاءَةُ الدُّرُوْسِ الـجَدِيْدَةِ اسْتِعْدَادًا لِلدّرَاسَةِ فِي الصَّبَاحِ

Setelah shalat, saya mulai mengulang pelajaran yang sudah saya dapatkan pada pertemuan lalu, dan juga membaca pelajaran baru sebagai persiapan untuk pembelajaran di pagi hari.

حِيْنَمَا أَسْـمَعُ الْآذَانَ، أَخَذْتُ أُصَلِّي صَلَاةَ الصُّبْحِ، وَلَا أَنْسَى بَعْدَهَا أَنْ أَقْرَأَ أَذْكَارَ الصَّبَاحِ. ثُـمَّ أُوَاصِلَ قِرَاءَةَ الدُّرُوْسِ إِلَى أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ

Ketika mendengar adzan, saya langsung menunaikan shalat shubuh, dan tidak lupa membaca dzikir pagi setelahnya. Kemudian saya kembali melanjutkan belajar sampai matahari terbit.

فَفِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ تَـمَامًا، أُرَتِّبُ وَأُنَظِّفُ حُجْرَتِـي وَأُسَاعِدُ أُمِّي فِي كَنْسِ البَيْتِ ثُـمَّ أَتَنَاوَلُ الفَطُوْرَ. وَبَعْدَ ذَلِكَ أَسْتَعِدُّ للدِّرَاسَةِ

Pada pukul 06.00 tepat, aku merapikan dan membersihkan kamarku, lalu membantu ibu menyapu rumah, dan kemudian sarapan. Setelah itu saya bersiap-siap untuk pembelajaran.

وَفِي السَّاعَة السَّابِعَةِ تَـمَامًا، أَدْرُسُ بِطَرِيْقَةِ الدِّرَاسَةِ عَنْ بُعْدٍ حَتَّى السَّاعَةَ الـحَادِيَةَ عَشْرَةَ وَالنِّصْفَ نَـهَارًا. أَدْرُسُ مِنْ خِلَالِـهَا عِلْمَ الْحَدِيْثِ، وَالْقُرْآنَ، وَالْخَطَّ، وَاللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ، وَالنَّحْوَ، وَغَيْرَ ذَلِكَ

Pada pukul 07.00 saya mengikuti kegiatan belajar jarak jauh hingga pukul 11.30 siang. Saya belajar ilmu Hadits, al-Quran, khat, bahasa Arab, Nahwu, dan sebagainya.

وَبَعْدَ أَنْ انْتَهَيْتُ مِنَ الدِّرَاسَةَ، أُؤَدِّي صَلَاةَ الظُّهْرِ، وَأَتَنَاوَلُ الغَدَاءَ، ثُـمَّ أَسْتَـرِيْحُ وَأَنَامُ. وَأَسْتَيْقِظُ مِنَ النَّوْمِ عِنْدَمَا أَسْـمَعُ آذَانَ العَصْرِ، وَأَسْرِعُ إِلَى الوُضُوْءِ وَأُصَلِّي. وَبَعْدَ الصَّلَاةِ وَقِرَاءَةِ أَذْكَارِ الـمَسَاءِ أَقْرَأُ الكِتَابَ

Setelah selesai belajar, saya menunaikan shalat Zhuhur, lalu makan siang, kemudian istirahat dan tidur. Saya bangun ketika mendengar adzan Ashar, kemudian segera berwudhu dan sholat. Setelah shalat dan membaca dzikir sore, aku membaca buku.

أَقْرَأُ آيَاتٍ مِنَ القِرْآنِ الكَرِيْـمِ بَعْدَ صَلاَةِ الـمَغْرِبِ إِلَى أَنْ يَـحِيْنَ وَقْتُ العِشَاءِ. ثُمَّ أَتَنَاوَلُ العَشَاءَ مَعَ الأُسْرَةِ وَنَتَحَدَّثُ

Saya membaca ayat-ayat Al-Quran setelah shalat Maghrib sampai tiba waktu Isya. Kemudian aku makan malam bersama keluarga dan kami pun berbincang-bincang.

وَقَبْلَ أَنْ أَنَامُ بِسَاعَةٍ أَوْ سَاعَتَيْنِ أَعْمَلُ الوَاجِبَاتِ والتَّدْرِيْبَاتِ. وَقَدْ يَكُوْنُ عَمَلُ الوَاجِبَاتِ يَـحْتَاجُ إِلَى ثَلَاثَ سَاعَاتٍ. وَبَعْدَ أَنْ أَنْـهَيْتُ عَمَلِي، أَتَوَضَّأُ ثُمَّ أَدْعُو اللَّهُ وَأَنَامُ

Sejam atau 2 jam sebelum tidur, saya terlebih dahulu mengerjakan tugas-tugas dari guru. Terkadang pengerjaannya membutuhkan  waktu hingga 3 jam. Dan setelah menyelesaikan tugas-tugas, saya berwudhu kemudian berdo’a kepada Allah dan beranjak tidur.

Demikian cerita bahasa Arab tentang kegiatan sehari-hari ini, terima kasih kepada kontributor, jazaahallahu khairan. Semoga sajian di atas bisa meningkatkan kemampuaan bahasa Arab Anda serta menumbuhkan semangat Anda untuk selalu belajar dan mencintai bahasa Arab.

Sekian, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih atas atensi dan kunjungannya. Syukan, wa jazaakumullahu khairan.

Post a Comment for "Contoh Cerita Bahasa Arab Tentang Kegiatan Sehari-Hari"