Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cerita Bahasa Arab Tentang Pondok Pesantren dan Artinya

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah ta'ala. Manusia adalah kumpulan dari hari-hari yang ia lalui dari sejak lahir sampai hari ini. Tentu setiap tahapan dan proses meninggalkan kenangan dan pengalaman yang bisa ia bagikan kepada orang lain, dalam bentuk cerita lisan maupun tulisan.

Di blog ini saya sudah beberapa kali berbagi contoh-contoh cerita pengalaman hidup dalam bahasa Arab, cerita tentang desa, kampus LIPIA, liburan di pantai, dll. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi cerita tentang pondok. Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang menurut saya merupakan tempat terbaik untuk belajar bahasa Arab.

cerita bahasa arab tentang pesantren
Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran
Saya tidak akan pernah bisa sampai pada tahapan ini dalam hal keilmuan bahasa Arab seandainya tidak pernah nyantri di pesantren. Cerita yang akan pembaca baca bukan karangan murni saya, hanya kontribusi dari dari beberapa santriwati alumni pesantren tersebut. Dan saya kebetulan adalah alumni dari pesantren itu juga, namanya Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran.

Penasaran seperti apa pesantrennya? Langsung saja, berikut ini cerita menarik tentang pesantren dalam bahasa Arab. Selamat membaca.

مَعْهَدُ الإِرْشَادِ الإِسْلَامِيِّ لِلبَنَاتِ

يَقَعُ هَذَا الـمَعْهَدُ فِي قَرْيَةِ بُوتُوه مَدِيْنَة سَلاَتِيْقَا جَاوَى الوُسْطَى إِنْدُوْنِيسِيَا، وَلَهُ مَنْظَرٌ جَـمِيْلٌ لِمَوْقِعِهِ فِي سَفْحِ جَبَلِ مِيْربَابُو وَكَانَ الـجَوُّ بَارِدًا. يَدْرُسُ فِيْهِ عَدَدٌ كَثِيْرٌ مِنَ الطَالِبَاتِ حَوَالَي أَربَعُمِائَة طَالِبَةٍ مِنْ جَـمِيْعِ أَنْـحَاءِ إِنْدُونِيسِيَا، هُنَاكَ طَالِبَةٌ مِنْ سُومَطْرَة، وَكَالِيمَنْتَان، وَبَابُوَوا، وَسُولاَوِيْسِي، وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنْ الـجُزُرِ

Pesantren Islam Al-Irsyad Putri

Pesantren ini terletak di Desa Butuh, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia. Pesantren ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena terletak di bawah kaki gunung Merbabu, dan memiliki suhu udara yang dingin nan sejuk. Di dalamnya terdapat 400-an santriwati yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawasi, dan pulau-pulau lainnya.

وَلِلْمَعْهَدِ ثَلَاثُ مَرَاحِلَ دِرَاسِيَّةٍ وَهِي الـمَرْحَلَةُ الُمتَوَسِّطَةُ، وَمَرحَلَةُ الإِعْدَادِ اللُّغَوِي، وَمَرْحَلَةُ إِعْدَادِ الـمُعَلِّمَاتِ. تَدْرُسُ الطَّالِبَاتُ العُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةَ وَالدُّنْيَوِيَّةَ وَاللُّغَةَ العَرَبِيَّةَ فِي جَـمِيْعِ الـمَرَاحِلِ. وَلَكِن أَكْثَرَ التَّرْكِيْزِ الدِّرَاسِيِّ فِي الإِعْدَادِ اللُّغَوِيِّ هُوَ فِي ضَبْطِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ وَتَطْبِيْقِهَا. يَبْدَأُ اليَوْمُ الدِّرَاسِيُّ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ صَبَاحًا وَيَنْتَهِيْ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ ظُهْرًا. تَتَعَلَّمُ الطَّالِبَاتُ سِتَّةَ أَيَّامٍ فِي الأُسْبُوْعِ،  وَتَكُوْنُ الإِجَازَةُ فِي يَوْمِ الأَحَدِ

Jenjang pendidikan di pesantren ada tiga, yaitu: SMP, I'dad Lughawi, dan I'dad Muallimat (SMA). Santriwati mempelajari ilmu umum, diniyah, dan bahasa Arab pada setiap jenjang. Akan tetapi, untuk pembelajaran di jenjang I'dad Lughawi lebih difokuskan pada penguasaan bahasa Arab dan praktik penggunaannya. Proses belajar mengajar di kelas dimulai dari jam tujuh pagi sampai jam dua siang. Santriwati belajar selama enam hari dalam sepekan, dan libur pada hari Ahad.

فِي الْمَعْهَدِ مَرَافِقُ كَثِيْرَةٌ، مِنْهَا: مَبْنَيَانِ لِلفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَّةِ؛ مَبْنًى لِـمَرْحَلَةِ إِعْدَادِ الـمُعَلِّمَاتِ ، وَمَبْنًى لِلمَرْحَلَةِ الـمُتَوَسِّطَةِ. وَهُنَاكَ مَعْمَلُ اللُّغَةِ لِمَرْحَلَةِ إِعْدَادِ الْمُعَلِّمَاتِ، وَمَعْمَلُ اللُّغَةِ لِلمَرْحَلَةِ الـمُتَوَسِّطَةِ. وَهُنَاكَ حَدِيْقَةٌ صَغِيْرَةٌ أَمَامَ مَبْنَيَي الـمَدْرَسَةِ، وَالقَاعَةُ الَّتِيْ تُسْتَعْمَلُ لِصَلَاةِ الـجَمَاعَةِ وَحَلْقَاتِ التَّحْفِيْظِ، وَمَطْعَمٌ، وَمَبَانِي السَّكَنِ الَّتِيْ فِيْهَا غُرَفٌ لِرَاحَةِ الطَّالِبَاتِ، وَغُرْفَةُ الصِّحَّةِ لِفَحْصِ الـمَرْضَى، وَبَقَالَةٌ، وَمَقْصَفٌ

Di dalam pesantren terdapat banyak fasilitas, diantaranya: dua gedung kelas; satu gedung untuk jenjang I'dad Mu'allimat dan satu gedung untuk Mutawassithah. Terdapat juga laboratorium bahasa untuk setiap jenjang, I'dad Mu'allimat dan Mutawassithah. Terdapat juga taman kecil di depan dua gedung sekolah, aula yang dipakai untuk shalat berjamaah dan halaqah tahfidz, ruang makan, gedung asrama yang berisi kamar-kamar untuk istirahat, poliklinik, swalayan, dan kantin.

تَقُوْمُ الطَّالِبَاتُ بِالأَنْشِطَةِ الـمُتَنَوِّعَةِ مِنْ قَبْلِ طُلُوْعِ الفَجْرِ إِلَى قُرْبِ وَقْتِ النَّوْمِ. هُنَّ يَذْهَبْنَ إِلَى القَاعَةِ أَوْ الـمَسْجِدِ لِأَدَاءِ صَلَوَاتِ الـخَمْسِ جَـمَاعَةً. ثُـمَّ تَـحْضُرُ الطَّالِبَاتُ حَلْقَةَ القُرْآنِ مَرَّتَيْنِ فِي اليَوْمِ، فَفِيْهَا يَـحْفَظْنَ وَيُرَاجِعْنَ وَيُسَمِّعْنَ الآيَاتِ القُرْآنِيَّةَ إِلَى الـمُدَرِّسَةِ أَوْ يُسَمِّعُ بَعْضُهُنَّ إِلَى بَعْضٍ. وَتَقُوْمُ كَذَلِكَ بالأَنْشِطَةِ النَّافِعَةِ الأُخْرَى مِثْلُ العَمَلِ الـجَمَاعِي لِتَنْظِيْفِ السَّكَنِ، وَقِرَاءَةِ الكُتُبِ، وَحِفْظِ الـمُفْرَدَاتِ، وَالدِّرَاسَةِ بَعْدَ صَلَاةِ العِشَاءِ، وَالتَّرْبِيَةِ وَغِيْرِ ذَلِكَ

Santriwati melakukan berbagai kegiatan dari sejak sebelum terbit fajar sampai sebelum tidur. Mereka pergi ke aula atau masjid untuk melaksanakan shalat lima waktu secara berjamaah, kemudian santriwati menghadiri halaqah tahfidz dimana mereka menghafal, murajaah, dan menyetorkan hafalannya ke para ustadzah, atau saling menyimak satu sama lain. Para santriwati juga melakukan kegiatan lain yang bermanfaat, seperti kerja bakti membersihkan asrama, membaca kitab, menghafal kosa kata (mufradat) baru, belajar malam, tarbiyah, dan lain sebagainya.

تُوجَدُ فِيْ مَعهَدِ الإِرْشَادِ الإِسْلَامِيِّ لِلبَنَاتِ مُنَظَّمَةٌ طُلَّابِيَّةٌ الَّتـِي تُسَاعِدُ الـمَعْهَدَ فِي تَفْعِيْلِ أَنْشِطَةِ الطَّالِبَاتِ، وتُسَمَّى بِـجَمْعِيَّةِ الطَّالِبَاتِ. فَيُمْكِنُ بِـهَا الطَّالِبَاتُ أَن يُطَوِّرْنَ إِمْكَانَاتِـهِنَّ فِيْ أُمُوْرِ التَّنْظِيْمِ، والقِيَادَةِ، وَالتَّدْبِيْـرِ، والعَمَلِ الـجَمَاعِيِّ، والتَّدْرِيْسِ، وَغَيْرِ ذَلِكَ. تَتَكَوَّنُ هَذِهِ الـجَمْعِيَّةِ مِنْ عِدَّةِ أَقْسَامٍ، وَهِيَ: قِسْمُ اللُّغَةِ، وَقِسْمُ العِبَادَةِ، وَقِسْمُ الأَمْنِ، وَقِسْمُ النَّظَافَةِ. يَعْمَلُ كُلُّ هَذِهِ الأَقْسَامِ لِتَحْقِيْقِ هَدَفٍ وَاحِدٍ وَهُوَ تَكْوِيْنُ بِيْئَةٍ جَيِّدَةٍ لِلطَّالِبَاتِ الـمُتَعَلِّمَاتِ

Di Pesantren Islam Al-Irsyad Putri terdapat organisasi kesiswaan yang membantu pesantren untuk mengaktifkan kegiatan-kegiatan para santriwati, organisasi ini dinamakan Jam'iyyah Thalibat. Organisasi tersebut memberikan kesempatan santriwati yang menjadi anggota untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam hal beroraganisasi, kepemimpinan, manajemen, kerja sama tim, mengajar, dan lain sebagainya. Organisasi ini terdiri dari beberapa divisi, yaitu: divisi bahasa, ibadah, keamanan, dan kebersihan. Semua divisi bekerja sama untuk mewujudkan satu tujuan, yaitu menciptakan lingkungan yang baik bagi para santriwati.

Demikian contoh cerita singkat tentang pesantren Islam Al-Irsyad dalam bahasa Arab. Semoga apa yang disajikan ini bisa memberikan wawasan tambahan bagi para pembaca. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas perhatian dan kunjungannya. Syukran, wa jazaakumullahu khairan.

Post a Comment for "Contoh Cerita Bahasa Arab Tentang Pondok Pesantren dan Artinya"