Arti Yaumul Ahad, dan Contoh Kalimatnya

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah ta’ala. Saya merasa sangat berbahagia bisa kembali hadir menyapa pembaca blog sederhana yang sudah lama tidak diperbaharui materinya. Saya berharap pembaca tidak bosan, dan selalu ingin kembali mengunjunginya.

Saya sebenarnya merasa malu kepada pembaca setiap Kamus Mufradat. Karena pada bulan Desember 2020 saya sudah mengatakan akan kembali rajin dan istiqamah untuk mengktifkan kembali blog ini pada tulisan ini: Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Arab Untuk Perempuan. Namun apa daya, ternyata setelah lewat satu tahun lebih baru ada tulisan baru yang di-post di blog ini. Alhamdulillah ‘ala kulli haal (الحَمْدُ للهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ).

yaumul ahad dan artinya

Dasar saya menulis post ini adalah tadi pagi tanpa sengaja saya menemukan kata kunci yang dicari oleh sebagian orang, yaitu apa artinya yaumul ahad

Walaupun jawaban dari pertanyaan tersebut bisa ditemukan dalam tulisan ini: Bahasa Arab Nama-Nama Hari dan Artinya, namun tidak mengapa saya menulisnya kembali dalam pembahasan khusus dengan menambahkan beberapa materi seperti contoh kalimat penggunaannya.

Yaumul ahad kalau ditulis dalam Bahasa Arab adalah sebagai berikut (يَوْمُ الأَحَدِ)  yang artinya “Hari Ahad”. Bagi kaum muslimin, Ahad adalah hari kedua setelah Sabtu, karena libur mereka hari Jumat. Dan bagi orang-orang Barat, Ahad atau Minggu adalah hari terakhir dan itu adalah hari libur bagi mereka. Dan ini yang berlaku juga di negera kita, Indonesia.

Jadi sekarang sudah jelas ya arti dan makna dari yaumul ahad. Selanjutnya berikut ini adalah contoh-contoh penggunaan kata yaumul ahad dalam kalimat berbahasa Arab. Silahkan dibaca dan dipelajari ya.

  1. (هَذَا يَوْمُ الأَحَدِ) Ini adalah hari Ahad.
  2. (يَوْمُ الأَحَدِ عُطْلَةٌ أُسْبُوْعِيَّةٌ فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا) Ahad adalah hari libur pekanan di Indonesia.
  3. (مَاذَا تَفْعَلُ فِي يَوْمِ الأَحَدِ؟) Apa yang kamu kerjakan di hari Ahad?
  4. (سَأَذْهَبُ إِلَى الـمَدِيْنَةِ يَوْمَ الأَحَدِ) Aku akan pergi ke kota di hari Ahad.
  5. (يَعُوْدُ أَحْـمَدُ إِلَى مَعْهَدِ الأَنْدَلُسِ فِي يَوْمِ الأَحَدِ) Ahmad kembali ke pesantren Al-Andalus di hari Ahad.
  6. (لَعِبَ الطُّلَّابُ كُرَةَ القَدَمِ يَوْمَ الأَحَدِ) Para siswa bermain bola di hari Ahad.
  7. (اِزْدَحَمَ النَّاسُ فِي الأَسْوَاقِ يَوْمَ الأَحَدِ) Mall penuh dengan orang di hari Ahad.
  8. (تَوَقَّفَتْ عَمَلِيَّةُ التِّجَارَةِ فِي سُوْقِ التَّدَاوُلِ يَوْمَ السَّبْتِ وَالأَحَدِ) Aktifitas perdagangan berhenti di pasar bursa pada hari Sabtu dan Ahad.
  9. (فِي يَوْمِ الأَحَدِ يَأْخُذُ النَّاسُ رَاحَتَهُمْ مِنْ تَعَبِ العَمَلِ) Pada hari Ahad orang-orang beristirahat setelah lelah bekerja.
  10. (غَدًا يَوْمُ الأَحَدِ) Besok adalah hari Ahad.
  11. (أَمْسِ يَوْمُ الأَحَدِ) Kemaren adalah hari Ahad.
  12. (يَوْمُ الأَحَدِ يَوْمٌ مُنْتَظَرٌ لَدَى بَعْضِ النَّاسِ) Hari ahad adalah hari yang dinanti-nanti sebagian orang.
  13. (أَلْقَى الأُسْتَاذُ مُـحَاضَرَةً عَامَّةً فِي الـمَسْجِدِ يَوْمَ الأَحَدِ) Ustadz memberikan ceramah umum di masjid pada hari Ahad.
  14. (نَامَتْ أُخْتِي الصَّغِيْرَةُ نَوْمًا طَوِيْلًا يَوْمَ الأَحَدِ) Adik kecilku tidur panjang di hari Ahad.
  15. (الإِدَارَةُ الـحُكُومِيَّةُ لَا تَعْمَلُ يَوْمَ الأَحَدِ) Kantor pemerintahan tidak aktif di hari Ahad.
  16. (يَوْمُ الأَحَدِ يَسْبِقُ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ وَيَتْلُو يَوْمَ السَّبْتِ) Hari Ahad mendahului hari Senin, dan datang setelah hari Sabtu.
  17. (أَرْجُو أَنْ تُقَابِلَنِي يَوْمَ الأَحَدِ) Aku berharap kamu menemuiku di hari Ahad.
  18. (يَوْمُ الأَحَدِ آخِرُ أَيَّامِ الأُسْبُوْعِ) Hari Ahad adalah hari terakhir dalam satu pekan.
  19. (سَيَتَزَوَّجُ أَخِي يَوْمَ الأَحَدِ) Adikku akan menikah di hari Ahad.
  20. (كَانَ زَفَافُ أَخِي يَوْمَ الأَحَدِ) Pernikahan kakakku di hari Ahad.
  21. (قَضَيْتُ عُطْلَتِي يَوْمَ الأَحَدِ بِصَيْدِ السَّمَكِ مَعَ الأَوْلَادِ) Aku menghabiskan liburku di hari Ahad dengan memancing ikan bersama anak-anak.
  22. (أُحِبُّ يَوْمَ الأَحَدِ) Aku mencintai hari Ahad.
  23. (وَهَلْ تُحِبُّ يَوْمَ الأَحَدِ؟) Dan apakah kamu mencintai hari Ahad?

Sekian tulisan singkat tentang arti yaumul ahad dan contoh kalimatnya. Apabila ada yang kurang jelas dan belum difahami, atau ada request materi lain, bisa ditanyakan melalui kolom komentar, atau menghubungi saya langsung via email, atau nomor WA yang ada di halaman kontak. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, dan terima kasih atas perhatian dan kunjungannya. Syukran, wa jazaakumullahu khairan.

0 Response to "Arti Yaumul Ahad, dan Contoh Kalimatnya"

Post a Comment

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel