Arti Yaumul Mizan, dan Nama-Nama Lain Hari Kiamat

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah ta’ala. Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan saya dan pembaca termasuk hamba-hamba-Nya yang mencintai bahasa Al-Quran, serta selalu menjunjung tinggi panji-panji bahasa Arab.

Bagaimana kabar antum semua? (كَيْفَ حَالُكُمْ جَمِيْعًا؟)

Pada tulisan sebelumnya, saya telah barbagi kepada pembaca setia Kamus Mufradat arti dari kata yaumul ahad. Dalam tulisan tersebut saya juga sudah memberikan 23 contoh penggunaannya dalam kalimat berbahasa Arab. Bagi yang belum membaca, silahkan mengunjunginya melalui link tersebut.

artinya yaumul mizan

Pembaca Kamus Mufradat yang berbahagia. Izinkan saya pada kesempatan ini untuk menulis materi yang mirip dengan materi sebelumnya, yaitu apa arti yaumul mizan. Barangkali Anda pernah mendengar atau mungkin malah sering mengucapkan kata tersebut.

Tapi, apakah Anda betul-betul mengetahui maksud dari kata yamul mizan? OK. Mari kita fahami bersama-sama makna yamul mizan, apa artinya, dan bagaimana penggunaannya.

Yaumul Mizan apabila ditulis dalam bahasa Arab akan seperti ini: (يَوْمُ المِيْزَانِ). Yaumul Mizan tersusun dari dua kata, yaitu (يَوْمٌ) yang artinya “hari”, dan (المِيْزَانُ) yang berarti “timbangan”. Jadi, yaumul mizan secara bahasa artinya adalah hari penimbangan.

Yaumul Mizan adalah nama lain dari hari Kiamat. Mengapa disebut dengan hari penimbangan? Karena pada hari tersebut akan terjadi perhitungan dan penimbangan, amal manakah yang lebih berat, apakah amal baik atau buruk.

Dalam hal ini, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat Al-Anbiya ayat 47:

وَنَضَعُ ٱلۡمَوَ ٰ⁠زِینَ ٱلۡقِسۡطَ لِیَوۡمِ ٱلۡقِیَـٰمَةِ فَلَا تُظۡلَمُ نَفۡسࣱ شَیۡـࣰٔاۖ وَإِن كَانَ مِثۡقَالَ حَبَّةࣲ مِّنۡ خَرۡدَلٍ أَتَیۡنَا بِهَاۗ وَكَفَىٰ بِنَا حَـٰسِبِینَ

Artinya:

“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.”

Ayat tersebut menyebutkan bahwa pada Kiamat nanti Allah akan memasang dan meletakkan (المِيْزَانُ) atau timbangan untuk melakukan perhitungan amal-amal perbuatan hamba, dan oleh karenanya hari Kiamat dinamai dengan Yaumul Mizan. Karena karena pada hari tersebut, seorang hamba harus melalui tahapan penimbangan amalan-amalannya. Dan dengan itulah posisinya akan ditentukan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca keterangannya pada ayat-ayat terakhir surat Al-Qari`ah.

Bagaimana? Semoga penjelasan singkat di atas bisa memberikan pencerahan. Selanjutnya, berikutnya beberapa nama lain dari hari Kiamat di dalam Al-Quran dan artinya:

  1. Yamuddin (يَوْمُ الدِّيْنِ) Hari pembalasan [Al-Fatihah: 4]
  2. Al-Yaumul Akhir (اليَوْمُ الآخِرُ) Hari akhir [Al-Baqarah: 8]
  3. Yaumul Qiyamah (يَوْمُ القِيَامَةِ) Hari kiamat [Al-Baqarah: 85]
  4. Yaumul Hasrah (يَوْمُ الحَسْرَةِ) Hari penyesalan [Maryam: 39]
  5. Yaumul Ba’tsi (يَوْمُ البَعْثِ) Hari kebangkitan [Ar-Rum: 56]
  6. Yaumul Fashli (يَوْمُ الفَصْلِ) Hari keputusan [Ash-Shaffat: 21]
  7. Yaumul Hisab (يَوْمُ الحِسَابِ) Hari berhisab [Shad: 16]
  8. Yaumt Talaq (يَوْمُ التَّلَاقِ) Hari pertemuan [Ghafir: 15]
  9. Yaumul Azifah (يَوْمُ الآزِفَةِ) Hari yang semakin dekat [Ghafir: 18]
  10. Yaumut Tanad (يَوْمُ التَّنَادِ) Hari panggil memanggil [Ghafir: 32]
  11. Yaumul Jam’I (يَوْمُ الجَمْعِ) Hari pengumpulan [Asy-Syura: 7]
  12. Yaumul Wa’id (يَوْمُ الوَعِيْدِ) Hari terlaksananya ancaman [Qaf: 20]
  13. Yaumul Khulud (يَوْمُ الخُلُوْدِ) Hari pekekalan [Qaf: 34]Y
  14. aumul Khuruj (يَوْمُ الخُرُوْجِ) Hari keluar (dari kubur) [Qaf: 42]
  15. Yaumut Taghabun (يَوْمُ التَّغَابُنِ) Hari dinampakkan kesalahan-kesalahan [At-Taghabun: 9]
  16. Al-Yaumul Mau’ud (اليَوْمُ المَوْعُوْدِ) Hari yang dijanjikan [Al-Buruj:2]

Itulah nama-nama lain hari Kiamat yang diawali dengan kata (يَوْمٌ). Ada beberapa nama lain yang tidak diawali dengan kata (يَوْمٌ) yaitu:

  1. Al-Waqi’ah (الوَاقِعَةُ) Hari Kiamat [Al-Waqi’ah: 1]
  2. Al-Haqqah (الحَاقَّةُ) Hari Kiamat [Al-Haqqah: 1]
  3. As-Sa’ah (السَّاعَةُ) Hari Kiamat [Al-An’am: 31]
  4. Ath-Thammah Al-Kubra (الطَّامَّةُ الكُبْرَى) Malapetaka yang besar [An-Nazi’at: 34]
  5. Ash-Shokhkhoh (الصَّاخَّةُ) Suara yang memekakkan (tiupan sangkakala yang kedua) [Abasa: 33]
  6. Al-Ghasyiyah (الغَاشِيَةُ) Hari pembalasan [Al-Ghasyiyah: 1]
  7. Al-Qari’ah (القَارِعَةُ) Hari Kiamat [Al-Qari’ah: 1]

Wah, banyak juga ya nama-nama hari Kiamat. Semoga bisa menambah wawasan dan maklumat pembaca sekalian. Apabila Anda menemukan nama lain yang belum saya tulis, silahkan disampaikan saja di kolom komentar ya. Sekian tulisan singkat tentang apa arti yaumul mizan dan nama-nama lain hari Kiamat, semoga bermanfaat.

Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih atas perhatian dan kunjungannya. Syukran, wa jazaakumullahu khairan.

0 Response to "Arti Yaumul Mizan, dan Nama-Nama Lain Hari Kiamat"

Post a Comment

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel