Kitab Silsilah Ta'lim Al Lughah Al Arabbiyyah

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'ala-. Sebelumnya saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada kaum muslimin dimana pun Anda berada, "Selamat menunaikan ibadah puasa bulan suci Ramadhan tahun 1440H".

Semoga Allah -subahanahu wa ta'ala- memberikan kepada kita semuanya kekuatan dan taufiq dalam rangka menggapai ampunan, ridha, dan ketakwaan kepada-Nya. Aamiin yaa Rabbal-'aalamiin.

Sahabat Kamus Mufradat yang berbahagia. Di antara hal yang direkomendasikan ketika Anda ingin mempelajari dan mendalami bahasa Arab adalah menggunakan buku panduan yang sistematis dan dikhususkan untuk penutur selain bahasa Arab (Non Arab).
kitab silsilah ta'lim al lughah al arabiyyah
Salah satu buku panduan belajar bahasa Arab yang populer adalah buku Silsilah yang diterbitkan oleh Universitas Islam Muhammad bin Su'ud (جَامِعَةُ الإِمَامِ مُحَمَّدٍ بْنِ سُعُوْدٍ الإِسْلَامِيَّةُ) di kota Riyadh, atau yang memiliki nama panjang Silsilah Ta'lim Al Lughah Al Arabiyyah (سِلْسِلَةِ تَعْلِيْمِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ).

Buku ini banyak dipakai oleh sekolah-sekolah (مَدْرَسَةٌ جـ مَدَارِسُ) dan pesantren-pesantren (مَعْهَدُ جـ مَعَاهِدُ) yang mengajarkan bahasa Arab. Salah satunya adalah lembaga yang menjadi cabang dari Universitas Islam Muhammad bin Su'ud di Jakarta, yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab, atau yang lebih sering dikenal dengan LIPIA, dan dalam bahasa Arab disebut (مَعْهَدُ العَلُوْمِ الإِسْلَامِيَّةِ وَالعَرَبِيَّةِ).

Bagi mahasiswa (طَالِبٌ جـ طُلَّابٌ) yang kemampuan bahasanya masih kurang dan belum terlalu mumpuni, ia diharuskan mengikuti program belajar yang bernama I'dad Lughawi (الإِعْدَادُ اللُّغَوِي) dengan masa pendidikan selama dua tahun (empat semester).

Dan selama itulah kemampuan bahasa Arab mahasiswa diperbaiki dan ditingkatkan menggunakan kurikulum ajar yang terangkum dalam buku Silsilah. Dan sampai sekarang buku Silsilah masih dipelajari di LIPIA Jakarta.

Dan menjadi nilai lebih dari program bahasa di LIPIA adalah buku tersebut diajarkan oleh dosen native yang didatangkan langsung dari Kerajaan Saudi Arabia (المَمْلَكَةُ العَرَبِيَّةُ السُّعُوْدِيَّةُ) atau dari negara-negara Timur Tengah, seperti Mesir (جُمْهُوْرِيَّةُ مِصْرَ), Yordania (الأُرْدُنُ), Sudan (السُّوْدَانُ), Yaman (اليَمَنُ), dll.

Silsilah (سِلْسِلَةٌ جـ سَلَاسِلُ) secara bahasa berarti 'mata rantai' atau 'rangkaian'. Mengapa buku ini dinamakan demikian?

Karena ia adalah rangkaian dari buku-buku panduan belajar bahasa Arab yang terpadu, antara satu sama lain saling berkaitan dan melengkapi, buku-bukunya meliputi:
  1. Buku Khat
  2. Buku Qira'ah Wal Kitabah
  3. Buku Ta'bir
  4. Buku Sharaf
  5. Buku Adab
  6. Buku Nahwu
  7. Buku Hadits
  8. Buku Fiqh
  9. Buku Durus Minal Qur'an
  10. Buku Balaghah
  11. Buku Tauhid
  12. Buku Mu'jam
  13. Buku Dalil Muallim
  14. Buku Shuwar Minat Tarikh
  15. Dll
Jika Anda berniat untuk mengoleksi buku tersebut dalam bentuk PDF, silahkan kunjungi tautan berikut: Koleksi Buku Silsilah Ta'lim Al Lughah Al Arabiyyah. Koleksinya lengkap, mulai dari level I (satu) sampai level IV (empat). Buku-buku tersebut diperbolehkan untuk diunduh secara cuma-cuma, alias gratis (مَجَّانًا) selama Anda memiliki kuota atau tebengan WIFI. Hehe...

Saya sendiri belum pernah belajar menggunakan buku-buku tersebut. Jadi kurang bisa menjabarkan lebih detail kelebihan dan kekurangan dari Kitab Silsilah. Akan tetapi saya pernah sekali mengajar salah satu dari buku-buku di atas, tapi itu tidak lama hanya setahun saja.

Oh iya, disini saya hendak berbagi kabar gembira untuk pembaca setia Kamus Mufradat. Apa itu?

Insyaallah mulai bulan ini sampai seterusnya, saya akan memposting kategori baru di blog ini. Isinya adalah materi-materi yang diambil dari Silsilah, dan akan dimulai dari buku Qira'ah wal Kitabah (القِرَاءَةُ وَالكِتَابَةُ). Apakah Anda siap untuk mempelajarinya? Semoga Allah memberikan kemudahan dan keistiqamahan. Aamiin...

Jadi pastikan diri Anda untuk selalu rajin berkunjung dan mengecek postingan terbaru di blog ini. Tulisan tersebut merupakan sumbangan dari seorang mahasiswa yang masih aktif belajar di LIPIA Jakarta. Jadi sekali lagi, jangan sampai Anda ketinggalan.

Thayyib... Demikian yang bisa disajikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya. Wa jazaakumullahu khairan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kitab Silsilah Ta'lim Al Lughah Al Arabbiyyah"

Post a Comment

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.