Apa Artinya “Kun Fayakun”?

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah –ta’ala-. Sepuluh tahun lalu ada sebuah film drama ‘religius’ yang dirilis di Indonesia dengan judul Kun Fayakun. Kisah film tersebut diangkat dari ide cerita H. Yusuf Manshur, seorang ustadz yang kondang di negeri ini.

Di sini saya tidak akan menulis sinopsis dari film itu, dan saya yakin sebagian Anda sudah pernah menontonnya. Kalau pun saya ingin menjelaskan gambaran singkat film tersebut, saya tidak akan bisa, karena belum pernah sama sekali melihatnya.
apa artinya kun fayakun
Via Dribbble
Saya hanya ingin menjelaskan makna dan arti dari kata “Kun Fayakun” dan jika ditulis dalam bahasa Arab akan menjadi seperti ini (كُنْ فَيَكُوْنُ).

Apa arti “Kun Fayakun”?

Kata “Kun” (كُنْ)  merupakan betuk perubahan (tashrif) dari kata (كَانَ – يَكُوْنُ -  كُنْ) yang memiliki arti “menjadi”.

Dan “Kun” adalah kata kerja perintah (fi’il amar), jadi artinya adalah “Jadilah!”.

Adapun kata “Fayakun” merupakan gabungan antara huruf “Fa” (الفَاءُ) dan kata kerja “Yakun” (يَكُوْنُ).

Fa” di sini adalah ‘aathifah (عَاطِفَةٌ) yang menunjukkan makna "berikutnya atau setelahnya".

Adapun “Yakun” adalah kata kerja dalam bentuk Mudhari yang berarti “(sedang) terjadi”.

Jadi arti dari “Kun Fayakun” adalah “Jadilah! Maka terjadialah ia.

Sabahat Kamus Mufradat yang berbahagia. Pada dasarnya kata “Kun Fayakun” diambil dari Al-Quran. Ada kurang lebih 8 (delapan) kali kata tersebut termaktub di dalam Kitab Suci. Di ayat mana saja:


1# Surat Al-Baqarah ayat 117

بَدِيعُ السَّمَوات وَالأَرْضِ وَإِذَا قَضَى أَمْراً فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

Artinya:

(Allah) Pencipta langit dan bumi. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.


2# Surat Ali Imran ayat 47

قَالَتْ رَبِّ أَنَّى يَكُونُ لِي وَلَدٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ قَالَ كَذَلِكِ اللّهُ يَخْلُقُ مَا يَشَاء إِذَا قَضَى أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

Artinya:

Dia (Maryam) berkata, “Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan mempunyai anak, padalah tidak ada seorang laki-laki pun yang menyentuhku?” Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.


dan ayat 59

إِنَّ مَثَلَ عِيسَى عِندَ اللّهِ كَمَثَلِ آدَمَ خَلَقَهُ مِن تُرَابٍ ثِمَّ قَالَ لَهُ كُن فَيَكُونُ

Artinya:

Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan ) Isa bagi Allah, seperti (penciptaan) Adam. Dia hanya menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

3# Surat Al-An’am ayat 73

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَوات وَالأَرْضَ بِالْحَقِّ وَيَوْمَ يَقُولُ كُن فَيَكُونُ قَوْلُهُ الْحَقُّ وَلَهُ الْمُلْكُ يَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّوَرِ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ

Artinya:

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan hak (benar), ketika Dia berkata, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu. Firman-Nya adalah benar, dan milik-Nyalah segala kekuasaan pada waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang gaib dan yang nyata. Dialah Yang Mahabijaksana, Mahateliti.


4# Surat An-Nahl ayat 40

إِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَيْءٍ إِذَا أَرَدْنَاهُ أَن نَّقُولَ لَهُ كُن فَيَكُونُ

Artinya:

Sesungguhnya firman Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

5# Surat Maryam ayat 35

مَا كَانَ لِلَّهِ أَن يَتَّخِذَ مِن وَلَدٍ سُبْحَانَهُ إِذَا قَضَى أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

Artinya:

Tidak patut bagi Allah mempunyai anak, Mahasuci Dia. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.
surat yasin ayat 82
Via Facebook


6# Surat Yasin ayat 82

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Artinya:

Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.


7# Surat Ghafir ayat 68

هُوَ الَّذِي يُحْيِي وَيُمِيتُ فَإِذَا قَضَى أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

Artinya:

Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Maka apabila Dia hendak menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

Jadi pada dasarnya ungkapan “Kun Fayakun” adalah gambaran ketika Allah ingin menciptakan sesuatu, Dia hanya perlu mengatakan “Kun”, maka yang diinginkan tersebut akan terjadi dan terwujud (yakun) dengan izin dan kekuasaan Allah –subhanahu wa ta’ala-.

Semoga penjelasan singkat tentang makna dan maksud dari “Kun Fayakun” ini bisa difahami dengan baik. Dan semoga Allah mempertemukan kita dengan bulan suci Ramadhan yang semakin dekat waktu kedatangannya, dan semoga Allah memberikan taufiq kepada kita, sehingga dapat memaksimalkan momentum yang hanya datang sekali ini, aamiin yaa rabbal’aalamiin.

Demikian, kurang lebihnya mohon maaf, dan sekali lagi terima kasih banyak atas atensi dan kunjungannya. Wa jazaakumullahu khairan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Artinya “Kun Fayakun”?"

Post a Comment