Cerita Bahasa Arab Tentang Perpustakaan LIPIA dan Artinya

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'ala-. Pada postingan sebelumnya telah diceritakan tentang kampus tempat saya dahulu kuliah, yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab atau yang sering dikenal dengan LIPIA.

Kampus Islam tersebut adalah cabang dari Universitas Islam Muhammad bin Saud di kota Riyadh - Kerajaan Suadi Arabia (المَمْلَكَةُ العَرَبِيَّةُ السُّعُوْدِيَّةُ), dan terletak di jalan Raya Buncit No. 5A, Kelurahan Pasar Minggu, Kec. Ragunan, Jakarta Selatan - DKI Jakarta.

Di dalam cerita tersebut saya sempat menyinggung tentang salah satu fasilitasnya, yaitu perpustakaan. Dan pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin bercerita lebih tentang perpustakaan tersebut. Karena bagi saya itu adalah tempat yang spesial dan sangat berkesan selama masih kuliah.
cerita bahasa arab tentang perpustakaan
Perpustakaan LIPIA Jakarta
Langsung saja, silahkan baca cerita bahasa Arab saya tentang perpustakaan (مَكْتَبَةٌ جـ مَكْتَبَاتٌ).
اِسْـمِي عَبْدُ اللهِ ، كُنْتُ طَالِبًا فِي مَعْهَدِ العُلُوْمِ الإِسْلَامِيَّةِ وَالعَرَبِيَّةِ بِـجَاكَرْتَا . وَفِي الـمَعْهَدِ مَكْتَبَةٌ كَبِيْرَةٌ وَوَاسَعِةٌ ، بَلْ هِيَ أَكْبَرُ مَكْتَبَةٍ عَرَبِيَّةٍ إِسْلَامِيَّةٍ عَلَى مُسْتَوَى جَنُوْبِ شَرْقِ آسِيَا . وَهَذِهِ الـمَكْتَبَةُ تَضُمُّ عَدَدًا كَبِيْرًا مِنْ كُتُبِ التُّرَاثِ الإِسْلَامِي وَأُمَّهَاتِ الكُتُبِ الَّتِي صَنَّفَهَا عُلَمَاءُ الإِسْلَامِ الـمُتَقَدِّمِيْنَ وَالـمُتَأَخِّرِيْنَ
Namaku Abdullah, dahulu aku adalah mahasiswa di Lembaga Ilmu Pengetuhuan Islam dan Arab (LIPIA) di Jakarta. Di dalam kampus ada perpustakaan yang besar dan luas, bahkan itu adalah perpustakaan Islam dan Arab terbesar untuk tingkat Asia Tenggara. Dan perpustakaan ini menyimpan buku dalam jumlah yang besar dari buku-buku peninggalan Islam, dan buku-buku induk yang disusun oleh para ulama Islam yang terdahulu dan sekarang.

وَفِي تِلْكَ الـمَكْتَبَةِ رُفُوْفٌ كَثِيْرَةٌ وَعِالِيَةٌ لِوَضْعِ الكُتُبِ ، وَكَانَ تَرْتِيْبُ الكُتُبِ بِأَقْسَامِهَا الـمُخْتَلِفَةِ عَلَى هَذِهِ الرُّفُوْفِ فِي غَايَةِ الـجَوْدَةِ وَالتَّنْظِيْمِ لِيَسْهُلَ عَلَى كُلِّ وَاحِدٍ البَحْثُ عَنْ أَيْ كِتَابٍ يُرِيْدُهُ وَالعُثُوْرُ عَلَيْهِ بِيُسْرٍ وَسُهُوْلَةٍ
Dan di dalam perpustakaan ada rak-rak yang banyak dan tinggi untuk meletakkan buku-buku, dan penyusunan buku-buku dengan berbagai jenisnya di atas rak-rak tersebut sangatlah bagus dan rapih supaya memudahkan siapa saja yang ingin mencari buku apa saja dan dapat menemukannya dengan gampang dan mudah.

فِيْهَا قِسْمٌ لِلتَّفْسِيْرِ وَالقِرَاءَاتِ ، وَفِيْهَا قِسْمُ لِلحَدِيْثِ وَشُرُوْحِهِ ، وَفِيْهَا قِسْمٌ لِلعَقِيْدَةِ الإِسْلَامِيَّةِ وَالفِرَقَ وَالـمِلَلِ ، وَفِيْهَا قِسْمٌ لِلسِّيَرِ وَالتَّوَارِيْخِ وَالتَّرَاجُمِ ، وَفِيْهَا قِسْمٌ لِلفِقْهِ الإِسْلَامِيِّ وَأُصُوْلِهِ ، وَفِيْهَا قِسْمٌ لِلفَتَاوَى ، وَفِيْهَا قِسْمُ لِعُلُوْمِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ ، وَالأَدَبِ العَرَبِيِّ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنَ الأَقْسَامِ
Di dalamnya ada bagian tafsir dan qira'at, ada bagian hadits dan syarahnya, ada bagian akidah Islam, kelompok-kelompok (Islam), dan agama-agama, ada bagian sirah, sejarah, dan biografi (ulama), ada bagian fiqih dan ushulnya, ada bagian fatwa-fatwa, ada bagian ilmu-ilmu bahasa dan sastra Arab, dan bagian-bagian yang lainnya.

وَلِلمَكْتَبَةِ وَقْتٌ خَاصٌّ يَدْخُلُ مِنْ خِلَالِهِ الطُّلَّابُ أَوِ الطَّالِبَاتِ لِزِيَاتِـهَا ، وَلَـمْ تَكُنْ مَفْتُوْحَةً طَوَالَ اليَوْمِ فِي أَرْبَعٍ وَعِشْرِيْنَ سَاعَةً . وَهُنَاكَ تَقْسِيْمُ الأَيَّامِ لِزِيَارَتِـهَا ، فَيَوْمٌ لِلطُّلَّابِ ، وَيَوْمٌ لِلطَّالِبَاتِ لِئَلَّا يَكُوْنَ هُنَاكَ اخْتِلَاطٌ بَيْنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ
Dan perpustakaan ini memiliki waktu khusus dimana mahasiswa atau mahasiswa dapat mengunjunginya, dan tidak terbuka sepanjang hari atau duapuluh empat jam. Dan ada pembagian hari untuk mengunjunginya, sehari untuk mahasiswa, dan sehari untuk mahasiswi, supaya tidak ada ikhtilah (campur baur) antara laki-laki dan perempuan.

وَفِي وَسَطِهَا كَرَاسِيُّ وَمَكَاتِبُ لِيَجْلِسَ عَلَيْهَا مَنْ يُرِيْدُ قِرَاءَةَ الكُتُبِ فِيْهَا ، وَالـمَكْتَبَةُ وَضَعَتْ مُكَيِّفًا هَوَائِيًّا لَيَرْتَاحَ فِيْهَا كُلُّ قَارِئٍ وَمُطَالِعٍ ، وَجَهَّزَتْ الـمَكْتَبَةُ أَيْضًا مَكَانًا خَاصًّا لِشُرْبِ الـمَاءِ ، كُلُّ ذَلِكَ مِنْ أَجْلِ رَاحَةِ الزَّائِرِيْنَ وَالزَّائِرَاتِ
Di tengahnya ada kursi-kursi dan meja-meja untuk diduduki mereka yang ingin membaca buku di dalamnya, dan perpustakaan telah menyediakan pendingin udara supaya betah orang yang membaca dan menelaah di dalamnya, dan perpustakaan telah menyediakan juga tempat khusus untuk minum air, itu semuanya disediakan demi kenyamanan pengunjung laki-laki dan perempuan.

وَهُنَاكَ رِجَالٌ يُدَاوِمُوْنَ فِيْهَا وَهُمْ أُمَنَاءٌ لِـهَذِهِ الـمَكْتَبَةِ ، يَقُوْمُوْنَ بِـخِدْمَةِ الزَّائِرِيْنَ وَالزَّائِرَاتَ إِذَا كَانَ لَـهُمْ اِسْتِفْسَارٌ أَوْ طَلَبُ مُسَاعَدَةٍ فِي البَحْثِ عَنِ الكُتُبِ ، أَوْ مَنْ يُرِيْدُ اسْتِعَارَةَ الكُتُبِ ، فَهُمُ الـمَسْؤُوْلُوْنَ عَنْ هَذِهِ كُلِّهَا
Dan di sana ada orang-orang yang berkantor di dalamnya, mereka adalah penjaga perpustakaan ini, mereka memberikan pelayanan kepada para pengunjung laki-laki dan perempuan jika mereka memiliki pertanyaan atau meminta pertolongan untuk dicarikan buku, atau ingin meminjam buku, merekalah yang bertanggung jawab.

كَمَا جَازَ لِلطَّالِبِ أَوِ الطَّالِبَةِ الـجُلُوْسُ وَقِرَاءَةُ الكُتُبِ فِيْهَا ، جَازَ لَـهُمْ أَيْضًا اِسْتِعَارَةُ الكُتُبِ ، وَقِرَاءَتُـهَا فِي البَيْتِ . وَلَكِنْ لَابُدَّ مِنَ العِلْمِ أَنَّهُ لَيْسَ كُلُّ كِتَابٍ يُـمْكِنُ اسْتِعَارَتِهِ ، بَلْ هُنَاكَ كُتُبٌ لَا يُسْمَحُ لِأَيِّ طَالِبٍ أَوْ طَالِبَةٍ اسْتِعَارَتُـهَا ، وَعَادَةً تَكُوْنُ مِنْ أُمَّهَاتِ الكُتُبِ الكَبِيْرَةِ
Sebagaimana mahasiwa dan mahasiswi diperbolehken untuk duduk dan membaca buku di dalamnya, mereka diperbolehkan juga untuk meminjam buku dan membacanya di rumah. Akan tetapi harus diketahui bahwa tidak semua buku mungkin untuk dipinjam, di sana ada beberapa buku yang tidak diizinkan dipinjam oleh mahasiswa atau mahasiswi, dan itu biasa buku-buku induk yang besar.

هَذِهِ هِيَ مَكْتَبَةُ مَعْهَدِ العُلُوْمِ الإِسْلَامِيَّةِ وَالعَرَبِيَّةِ ، وَهَلْ تُرْيْدُوْنَ زِيَارَتَـهَا يِا أَحْبَابِي ؟
Ini dia perpustakaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), apakah teman-teman ingin mengunjunginya?
Baca juga: Kosakata Bahasa Arab Tentang Buku dan Artinya.


Semoga cerita singkat di atas dapat memberikan manfaat (مَنْفَعَةٌ جـ مَنَافِعُ) dan menambah semangat (حَمَاسَةٌ) Anda dalam mempelajari bahasa Arab, serta mensyiarkannya kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Demikian sajian kali ini, yaitu contoh cerita bahasa Arab tentang perpustakaan dan artinya dalam bahasa Indonesia. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya. Syukran, wa jazaakumullahu khairan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cerita Bahasa Arab Tentang Perpustakaan LIPIA dan Artinya"

Post a Comment

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.