Apa itu 'Mufradat'?

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah –ta’ala-. Saya memiliki satu pertanyaan untuk Anda. Masih ingatkah kapan pertama kali Anda mengunjungi blog ini, dan artikel mana yang Anda baca? Silahkan tulis jawaban Anda di kolom komentar di bawah ini ya.

Blog ini sudah lama dibangun dan alhamdulillah sampai saat ini ribuan orang berkunjung setiap harinya. Namun ada satu hal yang mengusik pikiran saya. Blog ini diberi judul Kamus Mufradat, tetapi saya belum pernah secara khusus menulis apa makna dari nama tersebut.
mufradat
Mungkin sebagian dari Anda ketika membuka dan membaca di blog ini bertanya, apa itu Mufradat?

Jika Anda adalah pembaca setia blog ini, tentu maksud dari Mufradat bukanlah hal yang asing. Istilah ini sudah sering dipakai dan dijelaskan di sela-sela penulisan sebagian dan bahkan kebanyakan artikel yang ada di blog ini, walaupun tidak secara detail.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan pengertian Mufradat dan memberikan beberapa contoh ringan. Kalau arti kata 'Kamus' saya rasa semua orang sudah tahu, jadi tidak perlu dijelaskan lagi. Iya, tidak?

Mufradat adalah istilah dalam bahasa Arab yang secara penulisan ditulis seperti ini (مُفْرَدَاتٌ). Kata tersebut merupakan bentuk jamak/plural dari kata (مُفْرَدَةٌ). Lalu apa arti ‘mufradat’?

Jika kita mencari di kamus Al Maany, kamus online yang sering saya gunakan saat belajar dan menulis di blog ini, dengan kata kunci (مفردات) akan tampil hasil seperti di bawah ini:
mufrodat

Ket:

Mufradat : (isim/kata benda)
o Jamak dari (مُفْرَدَةٌ)
o (مَفْرَدَاتُ اللُّغَةِ) : Semua kalimat yang ada di dalam bahasa (Arab).

Adapun jika Anda mencarinya menggunakan kata kunci (مفرد), maka hasil yang muncul adalah di bawah ini:

mufradat adalah

Ket:

o (مَفْرَدَاتُ اللُّغَةِ) : Lafazh-lafazh dan kata-kata bahasa (Arab).

Kata (مُفْرَدَةٌ) adalah bentuk Muannats dari kata (مُفْرَدٌ), dan dia adalah Isim Maf’ul dari kata kerja (أَفْرَدَ – يُفْرِدُ - إِفْرَادًا) yang artinya adalah ‘menyisihkan/memisahkan/menyendirikan’.

Jadi kesimpulannya bahwa arti kata ‘Mufradat’ atau sebagian orang menulis ‘Mufrodat’ adalah istilah yang digunakan untuk kosakata (perbendaharaan kata) yang ada di dalam bahasa Arab. Dan di dalam bahasa Inggris disebut ‘Vocabulary’.

Segala kata yang diucapkan untuk mengungkapkan sesuatu dalam bahasa Arab adalah Mufradat. Kata sendiri di dalam bahasa Arab disebut kalimah (كَلِمَةٌ جـ كَلِمَاتٌ).
Dan kata di dalam bahasa Arab dibagi menjadi 3 (tiga):

ISIM (Kata Benda) adalah setiap kata yang digunakan untuk menamai manusia, binatang, tumbuhan, benda mati, dan yang lainnya. Contohnya:
  1. (مُوْسَى) Musa.
  2. (اِبْنٌ) Anak laki-laki.
  3. (فِيْلٌ) Gajah.
  4. (نَخْلَةٌ) Pohon kurma.
  5. (حَجَرٌ) Batu.
Jika ingin mengetahui lebih banyak contoh-contoh kata benda bahasa Arab, silahkan Anda kunjungi tautan berikut ini: 280 Kata Benda Bahasa Arab dan Artinya [Terlengkap + Gambar].

FI’IL (Kata Kerja) adalah setiap kata yang menunjukkan terjadinya suatu kegiatan atau aktivitas di waktu-waktu tertentu. Dan Fi’il juga terbagi menjadi 3:
  • Fi’il Madhi (فَعْلٌ مَاضٍ), yaitu kata kerja yang menujukkan terjadinya sesuatu di masa lampau. Contohnya:
  1. (قَرَأَ) Membaca
  2. (دَرَسَ) Belajar
  3. (كَتَبَ) Menulis
  4. (أَكَلَ) Makan
  5. (رَأَى) Melihat
  • Fi’il Mudhari (فِعْلٌ مُضَارِعٌ), yaitu kata kerja yang menujukkan terjadinya sesuatu di masa sekarang atau masa depan.
  1. (يَقْرَأُ) Membaca
  2. (يَدْرُسُ) Belajar
  3. (يَكْتُبُ) Menulis
  4. (يَأْكُلُ) Makan
  5. (يَرَى) Melihat
  • Fi’il Amar (فِعْلُ الأَمْرِ), yaitu kata kerja yang menujukkan terjadinya sesuatu di masa depan, atau lebih sederhananya adalah kata perintah.
  1. (اِقْرَأْ) Membaca
  2. (اُدْرُسْ) Belajar
  3. (اُكْتُبْ) Menulis
  4. (كُلْ) Makan
  5. (رَ) Melihat

Jika ingin mengetahui lebih banyak contoh-contoh kata kerja bahasa Arab (Fi'il), silahkan Anda kunjungi tautan berikut ini: 937 Kata Kerja dalam Bahasa Arab dan Artinya [Kamus Terlengkap].

HARF (Kata Sambung), yaitu setiap lafazh yang tidak muncul maknanya secara sempurnya melainkan bersama selainnya. Contohnya:
  1. (إِنَّ)
  2. (لَكِنْ)
  3. (وَ)
  4. (مِنْ)
  5. (لَا)
Baca jugaHuruf Jar, Pengertian dan Contoh-Contohnya.

Pemberian Mufradat di awal masa-masa pembelajaran bahasa Arab adalah hal yang sering dilakukan oleh madrasah diniyah atau pesantren. Karena mengenal kosakata merupakan tahapan pertama untuk mengenal suatu bahasa sebelum tahapan berikutnya, yaitu merangkai kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat sempurna (الجُمْلَةُ المُفِيْدَةُ) walaupun sederhana.

Demikian penjelasan singkat tentang definisi Mufradat dan beberapa contohnya. Semoga yang ringan ini bisa memberikan manfaat yang besar. Kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih atas dukungan, support, dan kunjungannya. Baarakallahu fiikum, wa jazaakumullahu khairan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu 'Mufradat'?"

Post a Comment