Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bismillahirrahmanirrahim: Tulisan, Makna, dan I'rabnya [Bisa di-Copy]

Tidak terasa blog Kamus Mufradat ini sudah hadir di dunia maya dan berbagi manfaat untuk pembaca selama kurang lebih 2 (dua) tahun. Dan memasuki usianya yang ketiga, saya menghadiahinya sebuah domain bereksistensi dot com, supaya terlihat simple, elegan, dan lebih profesional.

Pada dua tahun sebelumnya saya memang sengaja membiarkannya menggunakan hosting dan domain dari Google melalui salah satu produknya, Blogger. Tujuannya satu, hanya ingin membuktikan bahwa dengan fasilitas gratisan pun blog bisa tetap eksis. Alhamdulillahi awwalan wa akhiran...

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'ala-. Pada kesempatan ini saya akan menulis beberapa hal-hal yang berkaitan dengan basmalah.
tulisan arab bismillahirrahmanirrahim tanpa titik
Tulisan Arab bismillahirrahmanirrahim gundul dan tanpa titik
Kata basmalah diambil dari kata ( بَسْمَلَ - يُبَسْمِلُ ) dan artinya dalah membaca lafazh bismillahirrahmanirrahim. Metode ini di dalam bahasa Arab disebut dengan an-nahtu ( النَّحْتُ ), yaitu menjadikan sebuah ungkapan yang terdiri dari beberapa kata menjadi satu kata saja.

Ketika seseorang mengucapkan kalimat ( لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ ) laa hawla wa laa quwwata illaa billah, itu disebut hawqalah. Atau contoh lainnya adalah hamdalah, yaitu ucapan orang yang mengatakan alhamdulillah ( الحَمْدُ للهِ ). Dan masih banyak contoh-contoh lainnya.

Basmalah atau bismillahirrahmanirrahim ( بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ) merupakan sebuah ayat terpisah yang menjadi pembuka setiap surat-surat Al-Quran, kecuali surat At-Taubah. Bahkan termasuk surat Al-Fatihah pun, basmalah merupakan ayat terpisah menurut sebagian pendapat para ulama.

Dan juga basmalah adalah bagian dari ayat 30 surat An-Naml yang bunyi lengkapnya adalah:
ayat 30 surat an-naml
Basmalah pada Surat An-Naml ayat 30
Artinya:
"Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

Kalimat ( بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ) adalah rangkaian dan kumpulan dari beberapa kata yang jika dipisahkan akan seperti di bawah ini:
  1. ( بِـ ) ba adalah huruf jar ( حَرْفُ جَرٍّ ) yang artinya dengan (menggunakan).
  2. ( اِسْمٌ جـ أَسْمَاءٌ ) artinya nama.
  3. ( اللهُ ) lafzhul jalaalah ( لَفْظُ الجَلَالَةِ ), yaitu Allah.
  4. ( الرَّحْمَنُ ) Salah satu nama-nama Allah, yaitu Ar-Rahman (Maha Pengasih). Maknanya adalah ( ذُوْ الرَّحْمَةِ الوَاسِعَةِ ) Maha Pemilik rahmat yang luas.
  5. ( الرَّحِيْمُ ) Salah satu nama-nama Allah, yaitu Ar-Rahim (Maha Penyayang). Maknya adalah ( ذُو الرَّحْمَةِ الوَاصِلَةِ ) Maha Pemilik rahmat yang berkesinambungan.
tulisan arab bismillah kaligrafi
Tulisan Arab bismillah kaligrafi

I'RAB BASMALAH

  1. ( بِـ ) adalah harfu jar ( حَرْفُ جَرٍّ ).
  2. ( اِسْمِ ) adalah ismun majruur ( اِسْمٌ مَجْرُوْرٌ ) karena ba. Dan tanda jar-nya adalah harakat kasrah yang jelas di akhir kata. Dan dia juga berposisi sebagai mudhaaf ( مُضَافٌ ).

    Jar dan majur dikaitkan dengan kata kerja yang dihapus (disembunyikan), diakhirkan dan sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin makan, maka bunyinya adalah ( ِبِسْمِ الله آكُلُ ) = dengan nama Allah aku makan. Jika ingin menulis, maka bunyinya adalah ( بِسْمِ اللهِ أَكْتُبُ ) = dengan nama Allah aku menulis.

    Mengapa harus diakhirkan?

    Tujuannya adalah ingin tabarruk (mengambil berkah) dengan mendahulukan nama Allah -subhanahu wa ta'ala-. Dan sebagai pembatasan ( الحَصْرُ ) yang maknanya adalah kami tidak makan dan menulis kecuali dengan hanya nama Allah.
  3. ( الله ) lafzhul jalaalah adalah mudhaafun ilayhi ( مُضَافٌ إِلَيْهِ ). Dan tanda jar-nya adalah harakat kasrah yang jelas di akhir kata.
  4. ( الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ) adalah dua na't ( نَعْتَانِ ِللهِ ) atau kata sifat dari lafhul jalaalah. Dan na'at secara harakat mengikuti man'ut-nya (yang diikuti). Karena yang disifati harakatnya kasrah, maka ia pun harus berharakat kasrah. (Src: Majles Alukah)
Itulah penjelasan singkat tentang basmalah, penulisan, makna, dan i'rabnya. Sebelum diakhiri, saya akan berbagi bonus berupa gambar-gambar tulisan Arab bismillah yang baik dan benar dalam format JPG dan PNG.
tulisan bismillah arab gundul
Tulisan Arab bismillah (gundul)
bismillah arab png
Tulisan Arab bismillah (png)
bismillah arab png
Tulisan Arab bismillah (png)
Bagi Anda yang membutuhkan tulisan bismillah untuk membuat sebuah undangan atau yang lainnya pada Ms. Word, silahkan salin (copy) tulisan di tabel bawah ini:
---- بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ----


bismillahirrahmanirrahim
Setelah berhasil mem-paste tulisan di atas, Anda bisa mengubah bentuknya dengan font bawaan Ms. Word, seperti Andalus, Sakkal Majalla, Traditional Arabic, dll.

Demikian, semoga sajian di atas bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kunjungannya. Wa jazaakumullahu khairan.

Post a Comment for "Bismillahirrahmanirrahim: Tulisan, Makna, dan I'rabnya [Bisa di-Copy]"