Bahasa Arab Nama-Nama Tanda Baca

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'aala-.


bahasa arab nama-nama tanda baca


Saya yakin Anda sampai ke blog ini karena bisa membaca, iya bukan?! Nah, berbicara membaca tidak lepas dari bahan yang dibaca, yaitu buku atau tulisan. Pada postingan-postingan sebelumnya saya sudah pernah menulis daftar kosakata bahasa Arab seputar buku, silahkan dirujuk ke link tersebut kalau Anda belum pernah membacanya.

Ketika membaca sebuah tulisan, pasti Anda mendapati tanda-tanda yang memudahkan Anda dalam memahami sebuah teks. Bayangkan sebuah naskah ditulis tanpa dilengkapi tanda baca, apa jadinya? Membayangkannya saja bikin pusing.

Tanda-tanda itu sering diistilahkan dengan 'tanda baca'. Bahkan, artikel yang sedang Anda baca sekarang ini pun tidak luput dari tanda-tanda tersebut.

Lalu apa saja tanda-tanda baca itu, dan disebut apa di dalam bahasa Arab?

Berikut ini daftar tanda-tanda baca dan terjemahannya ke dalam bahasa Arab:


No
Kata
Mufrad
Jamak
1
Tanda baca
عَلَامَةُ التَّرْقِيْمِ
عَلَامَاتُ التَّرْقِيْمِ
2
Titik ( . )
النُّقْطَةُ

3
Koma ( , )
الفَاصِلَةُ

4
Tanda kurung ( (..) )
القَوْسَانِ

5
Tanda petik ( ".." )
عَلَامَتَا التَّنْصِيْصِ

6
Tanda seru ( ! )
عَلَامَةُ التَّعَجُّبِ

7
Tanda tanya ( ? )
عَلَامَةُ الاِسْتِفْهَامِ

8
Tanda hubung ( ..-.. )
الشَّرْطَةُ

9
Titik dua ( : )
النُّقْطَتَانِ

10
Titik koma ( ; )
الفَاصِلَةُ المَنْقُوْطَةُ

11
Tanda elipsis ( ... )
عَلَامَةُ الحَذْفِ

12
Garis miring ( / )
خَطٌّ مَائِلٌ

13
Tanda kurung siku ( [..] )
القَوْسَانِ الحَاصِرَتَانِ


Demikian beberapa kosakata bahasa Arab tentang tanda-tanda baca. Sebagai bonus, saya lampirkan sebuah video berbahasa Arab yang menarik tentang cara mempelajari tanda-tanda baca:


Semoga apa yang telah diberikan bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau dikomentari, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa klik "SUKA" dan bagikan artikel ini. Terima kasih atas kunjungannya, wa jazaakumullahu khairan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahasa Arab Nama-Nama Tanda Baca"

Post a Comment

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.