Bahasa Arab Nama-Nama Bahan Bangunan

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'aala-.


bahasa arab nama-nama bahan bangunan

Hari ini setelah keliling mengantar istri belanja, saya dan keluarga mampir ke masjid untuk shalat Zhuhur sekaligus istirahat. Saya shalat lebih dulu, karena istri harus menjaga anak-anak. Setelah selesai shalat, saya pun harus menggantikan istri menjaga mereka.

Di saat mereka bermain dan berlarian, saya hanya duduk dan mengamati sambil 'berkelana' memikirkan banyak hal. Di antaranya adalah tentang materi atau tema apalagi yang harus ditulis di blog ini. Akhirnya terlintas ide untuk menulis tulisan ini, yaitu kosakata bahasa Arab tentang nama-nama bahan bangunan.

Mengapa ide ini muncul?


Kebetulan masjid yang saya singgahi tersebut sedang ada proyek perluasan, sehingga banyak bahan bangunan bertebaran di sana-sini. Maka lahirlah ide penulisan artikel yang sedang Anda baca sekarang. Langsung saja, berikut ini daftar nama-nama bahan bangunan dalam bahasa Arab. 


No
Kata
Mufrad
Jamak
1
Bangunan
بِنَاءٌ
أَبْنِيَةٌ
2
Pasir
رَمْلٌ
رِمَالٌ
3
Besi
حَدِيْدٌ
حَدَائِدُ
4
Baja
فُوْلَاذٌ
فَوَالِيْذُ
5
Batubata
لَبِنَةٌ
لَبِنَاتٌ
6
Semen
ُأَسْمَنْت

7
Kapur
كِلْسُ

8
Batu
حَجَرٌ
أَحْجَارٌ
9
Kerikil
حَصَى
حَصَيَاتٌ
10
Kayu
خَشَبٌ
أَخْشَابٌ
11
Tripleks
خَشَبٌ رَقَائِقِيٌّ
أَخْشَابٌ رَقَائِقِيَّةٌ
12
Seng
صَفِيْحَةٌ
صَفِيْحٌ
13
Kawat
سِلْكٌ
أَسْلَاكٌ
14
Paku
مِسْمارٌ
مَسَامِيْرُ
15
Pipa
أُنْبُوْبٌ
أَنَابِيْبُ

Huft..alhamdulillah setelah perjuangan pencarian dan pengumpulan, akhirnya selesai juga tulisan ini. Semoga daftar nama-nama bangunan dan terjemahannya dalam bahasa Arab di atas bisa memberikan tambahan kosakata bagi Anda para pecinta bahasa Al Quran.

Jika ada yang salah mohon ingatkan, dan jika ada yang baik silahkan ambil dan bagi sesuka hati. Dan kalau ada pertanyaan atau tanggapan, silahkan tulis via kolom komentar di bawah ini.

Akhir kata terima kasih atas kunjungannya, wa jazaakumullahu khairan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahasa Arab Nama-Nama Bahan Bangunan"

Post a Comment

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.