Kosakata Bahasa Arab Tentang Umroh

Sahabat Kamus Mufradat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'aala-.




Alhamdulillah pada bulan lalu saya diberi kesempatan mengunjungi tanah suci untuk melaksanakan ibadah umroh. Dari hasil kunjungan tersebut lahirlah tulisan saya sebelumnya, yaitu kosakata tentang masjid. Dan insyaallah pada kesempatan ini, saya akan menulis kosakata tentang umroh itu sendiri.

Setiap muslim pasti memimpikan bisa ziaroh ke tanah suci, baik untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Nah, sebelum pergi ke sana, alangkah baiknya Anda mengenal kosakata bahasa Arab seputar umroh. Berikut ini daftarnya:


No
Kata
Mufrad
Jamak
1
Umroh
ٌعُمْرَة
ٌعُمُرَات
2
Thawaf
ٌطَوَاف

3
Sa'i
ٌسَعْي

4
Putaran
ٌشَوْط
ٌأَشْوَاط
5
Talbiyah
ٌتَلْبِيَّة

6
Kain Ihram
ِثَوْبُ الإِحْرَام

7
Air Zamzam
َمَاءُ زَمْزَم

8
Gua Hiro
ٍغَارُ حِرَاء

9
Pembimbing (TL)
ٌمَنْدُوْب
َمَنْدُوْبُوْن
10
Hotel
ٌفُنْدُق
ُفَنَادِق

Kosakata Tambahan ( ٌمُفْرَدَاتٌ إِضَافِيَّة )

  1. Umroh ( ْاِعْتَمَرَ - يَعْتَمِرُ - اِعْتَمِر ).
  2. Thawaf ( ْطَافَ - يَطُوْفُ - طُف ).
  3. Sai ( َسَعَى - يَسْعَى - اِسْع ).
  4. Mencukur ( ْحَلَقَ - يَحْلِقُ - اِحْلَق ).
  5. Memakai pakaian ( ِلَبِسَ - يَلْبَسُ - اِلْبَسْ ثَوْبَ الإِحْرَام ).
  6. Mengucapkan talbiyah ( ِّلَبَّى - يُلَبِّي - لَب ).

Berbicara tentang umroh, sebenarnya tidak lepas dari pembahasan tentang perjalanan (safar) dan nama-nama tempat umum. Alangkah baiknya Anda membuka link-link tersebut, untuk menambah daftar kosakata yang akan dipelajari.

Demikian sedikit kosakata bahasa Arab tentang umroh. Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa memenuhi panggilannya mengunjungi tanah suci, aamiin yaa rabbal-'aalamiin.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, dan syukran 'alaa ziyaaratikum wa jazaakumullahu khairan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kosakata Bahasa Arab Tentang Umroh"

Post a Comment

Banyak komentar yang muncul dengan akun "Unknown" dikarenakan setingan akun Google Anda diprivasi. Hal ini memberikan dampak buruk kepada blog Kamus Mufradat. Oleh karena itu admin tidak bisa memberikan approve untuk komentar semacam itu.

Dan admin menyarankan Anda untuk membuka setingan akun Google Anda terlebih dahulu, atau memberikan tanggapan dan komentar menggunakan pilihan kedua jika Anda mempunyai halaman blog atau website, atau yang ketiga, yaitu menggunakan "Anonymous".

Syukran atas perhatian antum semua.